TEKS EKSPOSISI
Pentingnya Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup
(Avilia K.N XMIPA 2/09)
Pendidikan pelestarian lingkungan hidup seharusnya menjadi bagian inti penting dalam sebuah pendidikan. Pendidikan ini tidak hanya diajarkan secara tekstual namun harus secara kontekstual.Tujuannya agar peserta didik dapat mengimplementasikannya secara langsung. Namun ironisnya di kalangan masyarakat, mereka lebih khawatir jika nilai akademik anaknya buruk daripada anak tidak peka terhadap lingkungan. Sehingga terkadang pendidikan pelestarian lingkungan hidup terabaikan.
Hal penting namun diabaikan berdampak pada kehidupan manusia. Lingkungan alam menjadi tercemar. Sungai-sungai menjadi bau, banyak sampah, bahkan bisa menyebabkan banjir karena tidak ada yang peduli dengan lingkungan. Masyarakat yang membuang sampah di sungai beranggapan bahwa sampah yang mereka buang akan terbuang dan tidak akan kembali. Padahal yang terjadi adalah sampah yang mereka buang akan membuat kehidupan mereka terganggu.
Kelestarian binatang dan tumbuhan endemik menjadi punah.  Bekantan, hiu karpet berbintik, kantong semar, anggrek kantung adalah sebagian kecil contoh binatang dan tumbuhan endemik Indonesia yang hampir punah. Kurangnya kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup mengakibatkan binatang dan tumbuhan di sekitar kita punah. Banyak binatang dan tumbuhan endemik yang dieksploitasi tanpa memperhatikan kelestariannya.
Sering terjadi bencana alam. Bencana alam memang sudah menjadi takdir yang tidak bisa dihindari. Namun ada beberapa bencana alam yang dapat dicegah agar tidak terjadi. Tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan, global warming adalah contoh bencana alam yang seharusnya bisa dihindari. Karena tidak ada yang peduli dengan lingkungan maka bencana alam yang seharusnya tidak terjadi menjadi terjadi.
Karakter bangsa akan menjadi buruk di mata dunia. Sebagian besar negara maju mempunyai perilaku peduli terhadap lingkungan. Mereka juga menerapkan peraturan tentang kebersihan dan pelestarian lingkungan. Berbeda  sekali dengan keadaan di negara kita. Negara Indonesia memang memiliki peraturan perundang-undangan tentang pelestarian lingkungan hidup. Namun dalam penerapannya masih banyak peraturan yang dilanggar sehingga karakter bangsa dinilai buruk oleh negara maju.

Pendidikan pelestarian lingkungan hidup merupakan pendidikan yang penting dan tidak boleh terabaikan. Pendidikan ini tidak harus diajarkan secara mentah tetapi bisa melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Seperti games, outbond, kegiatan menanam ceria, bersih-bersih ceria, sumbangan untuk pelestarian hewan atau tumbuhan langka, dan kegiatan lainnya. Sebisa mungkin pendidikan pelestarian  lingkungan hidup selalu digerakkan dalam aktivitas apapun.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini